Kamis, 26 Maret 2015

Role playing ( skenario ) tentang sistem kardiovaskuler ( sistem peredaran darah )

Standard
TUGAS KELOMPOK 8
SKENARIO ( ROLE PLAYING )
Valentinus Nino Riadi      : sebagai Jantung
Nurfalah Suryati                 : sebagai Darah
SISTEM KARDIOVASKULER
Di suatu siang yang panas, dari kejauhan terlihat si Darah termenung seorang diri dikantin sekolahnya serta ditemani segelas minuman es cincau kesukaannya. Kapanpun dan dimanapun, es cincau adalah minuman favoritenya. Ketika dia sedang melamun, tiba-tiba si jantung datang dan berkata :
Jantung           : Hai darah, kenapa kamu melamun? Pasti lagi mikirin aku yaa???
Darah             : Jiahh,,,Datang, datang.... kePDan lo tung.....
Jantung           : Lah, terus kenapa melamun? Ntar kesambet lo?
Darah                         : Haha,,, Gak apa-apa kok, lagi bingung aja. Sebenarnya untuk apa aku di lahirkan didunia ini...???
Jantung           : Kasian banget nasib lo dar. Hari gini masih mikirin yang gituan. Setiap ciptaan Tuhan pasti ada gunanya tahu. Tapi setidaknya satu hal yang perlu kamu tahu, kehadiranmu memberi warna tersendiri bagi hidupku.
Darah             : halah tung, tung.... hari gini, pandai jak. Ingat, masih kecik tahu. hahahaha
Ketika keduanya sedang asyik bercanda. Tiba-tiba si jantung yang memiliki sifat yang agak sombong mulai menyombongkan kelebihan yang dimiliki dirinya. Dengan banggga diapun berkata:
Jantung           : Hai Darah, kamu tahu tidak kalau aku merupakan bagian terpenting dari sistem kardiovaskuler. Tanpa aku, kalian tidak ada apa-apanya...
Darah             : hehh,,,,,sombong sekali kamu jantung.....
Jantung           : yalah, tanpa aku manusia tidak bisa berbuat apa-apa, mereka bagaikan jam dinding yang kehabisan baterainya. Aku sungguh hebat bukan..?
Darah                         : hebat katamu? Memangnya apa sich sistem kardiovaskuler itu dan fungsi kamu apa sehingga kamu segitu sombongnya jantung?
Jantung           : hari gini gax tahu sistem kardiovaskuler. Kasian. Kepo deh kamu. Sistem kardiovaskuler itu adalah suatu sistem yang secara umum berperan mengedarkan darah ke seluruh tubuh, sekaligus membawa oksigen dan zat gizi ke semua jaringan tubuh serta mengangkut semua zat buangan. Sementara Fungsiku sebagai pemompa yang melakukan tekanan terhadap darah agar dapat mengalir ke jaringan. Nah, sekarang tahukan betapa berartinya aku ?
Darah                         : Hahaha.....
Jantung           : ngapain kamu ketawa?
Darah             : Hari gini masih sombong, gax jaman tung. Memangnya kamu bisa bekerja sendiri tanpa aku. Apa yang bisa kamu pompa kalau nggak ada aku.
Si jantung terdiam sejenak dan berpikir serta melihat kembali kebelakang. Dia mendaki bukit menuruni lembah dan menyebrangi lautan sampai Akhirnya dia sadar kalau dia juga bukanlah apa apa bila hidup sendiri. Ia pun berkata walaupun sebenarnya ia malu. Tapi, ia sadar kesombongan bisa menjatuhkan dirinya kelak.
Jantung           : Darah, aku mau minta maaf ya karna aku sudah merendahkan kamu dan aku begitu sombong terhadapmu.
Darah             : Sebenarnya aku tidak ingin memaafkanmu, aku masih sakit hati padamu, kamu begitu meremehkanku. Tetapi aku tidak ingin mencari musuh, jadi ku maafkan kamu.
Jantung           : Terima kasih darah, kita sekarang harus bekerja sama, karena aku tau aku bukanlah apa-apa tanpa kamu.
Darah             : Ihh kamu ni tung, suka sekali gombalin aku.
Jantung           : Aku bukannya gombal darah sayang. Kamu kan tahu sendiri bahwa kita saling membutuhkan.
Darah             : Ihh jadi malu deh, kamu bisa aja tung. Oh iya tung, aku dengar dari kawan-kawan katanya kamu memiliki 2 katup ya? Kasih tau dong tung ya tung ya. Boleh dong aku kepo dikit?
Jantung           : Hmm kamu ini, mulai deh kepo lagi. Baik aku akan kasi tau, 2 katup yang aku miliki adalah Katup Atrioventrikuler dan Katup Semilunar.
Darah             : Oh gitu, jantung jantung jantung. Apa bah pengertian ke-2 katup tersebut?
Jantung           :Katup Atrioventrikuler merupakan katup yang memungkinkan darah mengalir dari masing-masing atrium ke ventrikel pada waktu diastole ventrikel, serta mencegah aliran balik ke atrium pada saat sistol ventrikel. Sedangkan katup Seminular Merupakan katup yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan paru-paru.
Darah             : Ternyata kamu memiliki katup yang bermakna ya tung. Tapi ngomong-ngomong Kamu kenal gax sama anak baru disekolah kita yang pindahan dari Australia tu?
Jantung           : siapa dar?
Darah             : itu, si pembuluh darah. Tampan banget dah. Tahu kagak?
Jantung           : owh itu, ya kenal lah, siapa juga yang kenal sama si pembuluh darah. Dia itu berjasa banget lo bagi sekolah kita ini? Terutama buat kamu.
Darah             : owh, iyakah? Masa sich? Apa jasa dia...?
Jantung           : pembuluh darah itu fungsinya sebagai saluran yang digunakan agar kamu dapat didistribusikan ke seluruh tubuh. Nah, kalau kamu tidak di bantu oleh pembuluh darah kamu tidak bisa beredar di seluruh bagian sekolah ini. Ntar, sekolah kita bangkrut pulak.
Darah             : owh begitu, ya ya. Sekarang aku mengerti kalau sitampan pembuluh darah itu begitu berarti bagi hidupku.
Jantung           : Ya kira-kira begitu lah dar. Dari tadi kayaknya aku terus yang cerita, giliran kamu lagi lah dar, aku kepo ni.
Darah             : Iya deh iya tung. Memangnya apa sih yang kamu ingin tau dariku?
Jantung           : Apa benar kamu memiliki 2 komponen?
Darah             : Yapss kamu benar sekali, komponen yang dimaksud yaitu korpuskuler dan plasma darah.
Jantung           : Kalau boleh tau apa itu korpuskuler dan plasma darah?
Darah                         : Korpuskuler adalah unsur padat darah yaitu sel-sel darah Eritrosit, Leukosit, dan Trombosit.Plasma darah pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung albumin, bahan pembeku darah, immunoglobin (antibodi), hormon, berbagai jenis protein, dan berbagai jenis garam.
Jantung           : Wah wah kamu memang hebat ya dar, kamu memiliki banyak kelebihan.
Darah             : Ya gitu deh, kamu juga punya kelebihan bukan. Hehe
Jantung           : Iya lah, kita kan sama, jangan-jangan kita jodoh Haha.
Darah             : Haha kamu ni bisa jak. Oh iya aku masih banyak pertanyaan ni tentang kamu tung? Aku takut terbawa mimpi kalau tidak aku tanyakan, saking penasarannya aku.
Jantung           : Apalagi yang ingin kamu tanyakan darah?
Darah             : Kan kamu memiliki 2 bagian sirkulasi yaitu sirkulasi pulmonal dan sirkulasi sistemik. Nah tolong jelaskan ke kamek dong sirkulasi tersebut?
Jantung           : Hmm baiklah kalau memang kamu penasaran. Sirkulasi Pulmonal yaitu sirkulasi yang hanya mengalirkan kamu keparu-paru bah darah atau biasa disebut peredaran darah kecil. Sedangkan sirkulasi sistemik yaitu sirkulasi yang dapat mengalirkan kamu ke berbagai organ tubuh atau biasa disebut sistem peredaran darah besar. Paham kan?
Darah             : Oooohh jadi kamu ya yang mengalirkan aku. Oh iya kamu tau ndak kalau aku punya banyak O2 dan aku ingin sekali membagi O2 keseluruh tubuh. Tapi aku tidak tau harus melalui apa? Bantu aku dong tung.
Jantung           : Itu masalah gampang, aku bisa membantumu. Aku mempunyai anak buah, yaitu ada serambi kiri dan bilik kiri serta serambi kanan dan bilik kanan.
Darah             : Terimakasih jantung, kamu memang pangeran penyelamatku. Aku jadi semakin tak ingin menjauh darimu. Oh iya apa saja tugas anak buahmu itu?
Jantung           : Serambi kiri bertugas memompa kamu ke bilik kiri, tapi kamu hati-hati ya karena disana ada katup bikuspidalis. Aku tidak ingin dia melukaimu dar. Selanjutnya Bilik kiri bertugas memompa kamu ke seluruh tubuh, ya biar kamu bisa membagikan O2 ke seluruh tubuh.
Darah             : Baiklah, akan aku bagikan O2 ke seluruh tubuh. Agar O2 yang akau berikan bisa digunakan oleh organ tubuh untuk metabolisme.
Jantung           : Kamu baik sekali darah. Aku bangga padamu.
Darah             : Setidaknya aku bisa membuat mereka bahagia. Yahhh tubuhku jadi kotor ni gara-gara CO2.Tubuhku harus bersih dari CO2, apa kamu masih mau membantuku?
Jantung           : Itu pasti dar, kan aku masih punya 2 anak buah yang belum menjalankan tugasnya. Mereka akan membantu kamu. Serambi kanan akan mengantarkanmu kebilik kanan, ingat di sana ada katup trikuspidalis. Jadi, kamu harus hati-hati. Setelah kamu tiba di bilik kanan, dia akan membantu kamu membersihkan CO2 dengan memompa kamu ke paru-paru.
Darah             : Kenapa aku harus ke paru-paru sih tung?
Jantung           : Karena paru-paru lah yang akan membersihkan kamu dari CO2 dan dia akan memberimu O2. Setelah kamu bersih, kamu harus kembali kepadaku. Aku tak ingin kamu terlalu berlama-lama bersamanya. Ntar kamunya direbut dia lagi. Akukan gax lengkap hidup sendiri tanpa kamu darah.
Darah             : jantung ah, kamu bisa aja. Rasa bebunga dah aku tung...haha...tapi, Terima kasih jantung, karena kamu dan para anak buahmu serta paru-paru aku terbebas dari ikatan CO2. Aku sekarang sudah bersih dan aku bisa kembali melaksanakan tugasku. Cihuii....
Demikian drama singkat kami tentang sistem kardiovaskuler. Drama ini kelihatannya tidak ada apa-apanya. Tapi ada satu hal yang mau disampaikan lewat drama ini.  Pesan yang mau disampaikan adalah Hari ini kita belajar bukan hanya tentang sistem kardiovaskuler, jantung, darah ataupun pembuluh darah saja, tetapi juga tentang makna suatu kesombongan. Hidup terlalu singkat jika dihabiskan dengan kesombongan. Perlu kita ketahui suatu saat kesombongan bisa menjatuhkan kita.



0 komentar:

Posting Komentar