Kamis, 26 Maret 2015

perbedaan buaya dan aligator

Standard
Berikut adalah perbedaan antara buaya dengan alligator:
Meskipun kedua reptil ini sama-sama dari ordo Crocodilia, buaya diklasifikasikan dalam keluarga Alligatoridae sedangkan buaya adalah anggota keluarga Crocodylidae.
Buaya dan alligator sama-sama menyukai habitat di dekat badan air dan bertelur di darat.Perbedaannya, alligator lebih memilih habitat air tawar, sedangkan buaya lebih suka hidup di air payau atau air asin.
Buaya dan alligator bisa pula dibedakan dari perilaku dan temperamennya. Kedua reptil ini termasuk ‘pemarah’ namun buaya relatif lebih agresif dibandingkan dengan alligator. Alligator cenderung menghindar ketika bertemu dengan manusia sedangkan buaya akan menyerang siapapun yang berada di dekatnya.
Warna tubuh alligator lebih gelap dibandingkan buaya. Warna alligator kebanyakan kehitaman atau abu-abu, sedangkan buaya berwarna hijau zaitun atau coklat.
Perbedaan paling mencolok antara alligator dan buaya adalah bentuk moncong. Alligators memiliki moncong yang lebih luas berbentuk ‘U’, sedangkan moncong buaya lebih sempit dan berbentuk ‘V’.
Letak gigi juga merupakan ciri pembeda antara buaya dan alligator. Pada alligator, rahang atas lebih besar dibanding rahang bawah sehingga ketika mengatup, rahang atas menutup sepenuhnya rahang bawah sehingga tidak ada gigi yang mencuat keluar. Sedangkan rahang atas dan rahang bawah buaya relatif sama sehingga ketika mulutnya mengatup akan nampak gigi yang mencuat di sela-sela rahang.
Kaki belakang buaya memiliki pinggiran bergerigi yang tidak terlihat pada kaki belakang alligator.
DPR adalah lubang sensorik kecil berwarna hitam yang berfungsi membantu mendeteksi perubahan tekanan air. Buaya dan alligator sama-sama mengandalkan sensor ini ketika mencari mangsa. Pada alligator, DPR terdapat hanya di sekitar rahang, sedangkan pada buaya sensor ini terdapat hampir di seluruh tubuh.
Baik buaya dan alligator sama-sama memiliki struktural kelenjar garam di lidah. Buaya menggunakan kelenjar garam untuk membuang kelebihan garam dari tubuh, sedangkan pada alligator kelenjar ini tidak memiliki fungsi. Ini adalah alasan mengapa buaya bisa mentolerir air asin, sedangkan alligator tidak bisa


0 komentar:

Posting Komentar