jam 20:40
Silabus PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Sintang
Kelas :
VII (Tujuh)
Semester :
1 (satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.3 Mendes-kripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel
sampai organisme.
|
-
Kedemokratisan
-
Kedisi-plinan
-
Keman-dirian
|
Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem organ
·
Organisme
|
· Mengamati sel secara cermat, teliti, dan
hati-hati dengan menggunakan mikroskop.
· Mendiskusikan
organela sel
· Membuat model
sel.
· Mengamati jaringan daun secara cermat dan teliti dengan
menggunakan mikroskop.
· Mendiskusikan
macam jaringan dan organ pada tumbuhan
dan hewan.
· Mendiskusikan saling keterkaitan
fungsi kerja organ
tubuh atau sistem
organ dengan organ atau sistem organ yang lain
dalam tubuh organisme dalam kedemokratisan.
|
§
Mendefinisikan pengertian sel dengan
bahasa sendiri.
§
Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.
§
Mendeskripsikan organel sel dan
fungsinya.
§
Membuat model sel secara mandiri.
§
Menjelaskan pengertian jaringan, organ, sistem organ dan organisme.
§
Memberi contoh jaringan, organ, sistem organ, dan organisme
pada tumbuhan dan hewan dalam kegiatan kelompok untuk mengembang sikap kedemokratisan.
§
Mengurutkan tingkatan organisasi
kehidupan
§
Mendeskripsikan kerja organ dan sistem organ sebagai
suatu organisasi yang utuh dalam kegiatan kelompok dengan menunjukkan sikap kedemokratisan dan tanggung jawab yang baik.
§
Menerapkan kedisiplinan
dan tanggung jawab dalam setiap menyelesaikan tugas yang diberikan.
|
o Tes kinerja
o Tes tulis
o Tes tulis
o Penugasan
o Tes tulis
o Observasi
o Tes tulis
o Observasi
o Tes tulis
o Tes tulis
o Observasi
o Observasi
|
o Uji petik kinerja
o Soal PG
o Soal isian
o Soal isian
o Penilaian proyek
o Soal PG
o Lembar observasi
o Soal PG
o Lembar observasi
o Soal PG
o Soal PG
o Lembar observasi
o Lembar observasi.
|
o LP 6.3A Pilihan ganda dan soal isian
o LP 6.3B :
Menggunakan mikroskop.
o LP 6.3C: Penilaian Proyek Membuat Model Sel
o LP 6.3D: Lembar Observasi Penilaian
Karakter kedemokratisan, kedisiplinan, dan kemandirian.
|
7 X 40’
|
·BSE Bab Organisasi kehidupan.
·Buku teks yang relevan *)
·Mikroskop
·Preparat irisan melintang daun (basah
atau awetan)
|
*) Keterangan :
Tuliskan
sumber belajar di atas tanda tangan guru dan kepala sekolah secara lengkap
dengan ketentuan sebagai berikut:
1.
Buku teks: Penulis.
Tahun. Judul Buku. Kota Penerbitan:
Penerbit. Halaman.
2.
Artikel: Penulis.
“Judul Artikel”. Nama Media. Tanggal,
Bulan, Tahun.
3.
Berita: Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun.
“Judul Berita”.
4.
Nara sumber:
Nama Tokoh. Keterangan Tokoh.
5.
Peraturan:
Undang-undang Nomor…Tahun…tentang….
6.
Internet:
Alamat web. “Judul Tulisan”. Tanggal diunduh.
7.
Lingkungan:
Nama dan lokasi
8.
dll
…………………,
……………………………….
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………………………………………… ……………………………………………………
NIP. NIP.
LAMPIRAN : CONTOH INSTRUMEN
·
Soal pilihan ganda
·
Soal isian
·
Lembar observasi
·
Daftar penilaian kinerja
·
Penilaian proyek
·
Lembar observasi karakter
·
: lembar observasi: Mengamati
·
LP 6.1C: Membuat Laporan
LP 6.1D: Penilaian Karakter Kejujuran, Bertanggung jawab, dan Keingintahuan
o
LP 6.2B-Menentukan kriteria pengelompokkan dan Mengklasifikasi--kan
LP 6.2C – Lembar Penilaian
Karakter Kedisiplin,
o
LP 6.3B : Menggunakan mikroskop.
o
LP
6.3C: Penilaian Proyek Membuat Model Sel
o
LP 6.3D: Lembar Observasi
Penilaian Karakter kedemokratisan, kedisiplinan, dan kemandirian.
0 komentar:
Posting Komentar