Selasa, 14 April 2015

Contoh Jurnal Belajar tentang Kematian Sel

Standard

JURNAL BELAJAR
Nomor                         : Pertemuan 4
Mata kuliah                 : Fisiologi Hewan
Materi                          : Praktikum tentang kematian sel
Bobot                          : 3 SKS
Hari, tanggal               : Kamis, 3 April 2014
Dosen pembina           : Hilarius Jago Duda
Pengalaman saya waktu kuliah pertemuan ke empat:
            Pada pertemuan keempat ini, kami memulai praktikum kami yang pertama kali. Dalam hal ini tentu banyak sekali pengalaman yang dapat kami peroleh. Adapun praktikum yang kelompok kami lakukan adalah membahas tentang topik “ KEMATIAN SEL”. Dalam hal ini yang kami jadikan sebagai sampel bahan praktikum ada tiga yaitu :
1.      Sel hewan yakni pada ikan lais.
2.      Epitel rongga mulut.
3.      Sel epidermis pada tumbuhan.
Dari ketiga bahan praktikum diatas kami berusaha melakukan praktikum dengan semaksimal mungkin, meskipun banyak sekali kekurangan. Tentu hal ini menjadi sebuah pelajaran bagi kami semua. Kami belajar banyak hal yang bisa menambah pengetahuan lewat praktikum ini.
Setelah kami selesai melakukan semua praktikum, kami pun membacakan dan mempresentasikan hasil praktikum dari kelompok kami. Meskipun banyak kekurangan, kami tetap memberikan yang semaksimal mungkin. Adapun hasil praktikum kami yakni:
1.      Pada praktikum sel hewan, kami mengambil sampel ikan lais. Setelah kami amati menggunakan mikroskop, pada ikan lais yang tampak jelas adalah membran selnya ( membran plasma ).
2.      Pada praktikum sel epitel rongga mulut, bagian sel yang tampak jelas adalah  membran sel dan inti selnya.
3.      Pada sel epidermis tumbuhan, kami sebenarnya menggunakan tanaman hidrilla. Karena kami tidak mendapatkan tanaman ini, kami mengambil sampel tanaman rumput-rumputan yang tumbuh di sekitar sungai. Pada sel epidermis tumbuhan ini, bagian sel yang tampak jelas adalah dinding selnya.
Demikian hasil praktikum yang berhasil kelompok peroleh. Ada banyak sekali kekurangan dalam praktikum yang kami lakukan. Namun, dari praktikum inilah kami belajar untuk lebih mendalami teori-teori tentang kematian sel. Mungkin selama ini kami hanya mendengar dan memperoleh teori atau informasi saja, tetapi setelah kami mengaplikasikannya lewat praktikum kami dapat benar benar mengetahui dan mendalami materi yang berkaitan dengan sel. Kami sangat bangga terhadap Pak Hilarius Jago Duda yang selalu sabar dalam membimbing kami dalam melaksanakan praktikum ini. Karenanyalah kami memperoleh banyak pengetahuan tentang sel dan bagian-bagiannya. Demikianlah hasil kegiatan praktikum yang kami lakukan, kami sangat mengharapkan agar praktikum selanjutnya dapat berjalan jauh lebih baik daripada praktikum pertama ini. Dari kesalahan dan kekuranganlah kami belajar untuk menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar