Sabtu, 18 Oktober 2014

Kumpulan judul skripsi terbaru

Standard

112 CONTOH JUDUL SKRIPSI PENDIDIKAN
Contoh Judul sripsi pendidikan ini saya posting untuk melengkapi koleksi contoh judul skripsi yang telah saa posting sebelumnya dengan judul contoh judul skripsi dan judul skripsi akuntansi . Contoh judul skripsi ini saya kumpulkan dari beberapa sumber jadi mohon maklum jika ada kesamaan, sumber utamanya tetap saya kasih sourcenya:)
Contoh Judul Skripsi Pendidikan
Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tunagrahita Kelas D 6 Di SLB X


Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas IV SLB Negeri X Tahun

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Permulaan Dengan Media Pembelajaran Kartu Kata Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II SLB Negeri X Tahun Pelajaran


Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Studi Deskriptif Pelaksanaan Bina Bicara Bagi Anak Cerebral Palsy Di SDLB X Contoh judul skripsi pendidikan .

contoh judul skripsi pendidikan
Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Hitungan Bilangan Penjumlahan Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Buah-Buahan Bagi Siswa Kelas IV Semester 2 SDLB Tuna Grahita Ringan Di SLB-C X Tahun Pelajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Penggunaan Konsep Ruang Melalui Permainan Bintang Beralih Untuk Meningkatkan Penguasaan Arah Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB Negeri X Di Kelas D IV C Tahun Pelajaran ....... Contoh judul skripsi pendidikan .

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Tuna Grahita Kelas Dasar III SLB-C X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Penerapan Alat Peraga Pohon Bilangan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas D2 SLB/C X Tahun Pelajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Media Permainan Kartu Berhitung Bagi Anak Tuna Grahita Ringan Kelas IV SLB Negeri X

Skripsi Media Pembelajaran Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Bagi Anak Tuna Grahita Kelas D1/C SLB X Tahun Ajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Penggunaan Metode Maternal Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bicara Pada Anak Tunarungu Kelas Persiapan Sekolah Luar Biasa Negeri X Tahun

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Hubungan Pembelajaran Ketrampilan Terhadap Motivasi Berwiraswasta Di SLB-B X Tahun Ajaran

 Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Pengaruh Media Mahir Math SD 05 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunarungu Kelas D5 SLB X Tahun Ajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Memasak Melalui Variasi Olahan Keripik Pisang Bagi Anak Kelas XB SMALB Negeri X Tahun


Contoh Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Dampak Strategi Modeling Partisipan Terhadap Pemahaman Materi Tata Krama Pribadi (Berpakaian, Berhias, Adab Dalam Perjalanan, Bertamu Dan Menerima Tamu) Pada Siswa Kelas 1 SMA Muhammadiyah X

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Efektifitas Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Study Fiqih Kelas V Di MI Negeri X


Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Analisis Konsep Kecerdasan Perspektif Howard Gardner dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Upaya Meningkatkan Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) Melalui Keterampilan Bertanya Dasar Di MI X

Contoh judul skripsi pendidikan  Skripsi Implementasi Model Pembelajaran Guru Ramah Anak Pada Pendidikan Agama Islam Di SD X

Contoh judul skripsi pendidikan  Skripsi Menjadikan Anak Unggul Dalam Prestasi Pendidikan Agama Islam (Kajian Penerapan Konsep Metode Integrated Di SDIT Lab. School X)

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Problematika Dan Upaya Menanganinya Di Pondok Pesantren X)

 Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Pelaksanaan Home Schooling Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak di Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) X

 Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Anak Didik Pada Pelajaran PAI Di SMPN X

Contoh judul skripsi pendidikan  Skripsi Pengaruh Education Games Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Pada Sentra Agama Di PAUD X

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Pengaruh Implementasi Program Percepatan Belajar (Akselerasi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri X

 Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP X

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Pengaruh Penerapan Teori Pembiasaan Perilaku Respon (Operant Conditioning) B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Tajwid Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di TPQ X

Contoh judul skripsi pendidikan  Skripsi Pengaruh Strategi Belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Penguasaan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X-1 Di SMA Negeri X

Contoh judul skripsi pendidikan Skripsi Pengaruh Strategi Quantum Quotient Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Di SMPN X

Contoh judul skripsi pendidikan Analisis Nilai-Nilai Profetik Dengan Kerangka Filsafat Pendidikan Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi atas Pemikiran Kuntowijoyo)

Contoh judul skripsi pendidikan .Pengaruh Upaya Preventif Guru Agama Terhadap Sikap Siswa Dalam Menghadapi Penyebaran Ajaran Islam Sempalan Pada Siswa Di SMA X

 Contoh judul skripsi pendidikan .Prosedur Dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Kitab Matnul Ghoyah Wat Taqrib Bab Haji Menggunakan Macromedia Flash 8 Di Pesantren X

Contoh judul skripsi pendidikan .Implementasi Metode Tandur Dalam Pembelajaran Yang Menyenangkan (Joyfull Learning) Di Play Group “Adituka Pelangi” Kelurahan X

Contoh judul skripsi pendidikan . Perspektif KH Sholeh Bahruddin Dalam Meningkatkan Pendidikan Santri Di Pondok Pesantren X

Pengaruh Hukuman Dalam Bentuk Bimbingan Jasmani Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMAN I Kota X

Pengembangan Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah di MTs. X

Model Pembelajaran Bermain Sosial Dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak

Pengaruh Strategi Pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SDN X

Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Mental Ideologi Tni Di Akademi Angkatan Laut (

Implementasi Model Pembelajaran Humanizing The Classroom Dalam Interaksi Edukatif Siswa Di Sekolah Kreatif SD X

SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 Skripsi Analisis Atas Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy (Sebuah Pendekatan Strukturalisme)

Skripsi Analisis Bahasa Dialek Kempo Di Kecamatan Sano Nggoang

Skripsi Analisis Bahasa Gaul Antar Tokoh Dalam Film Remaja Indonesia Get Married - Kajian Morfologi

Skripsi Analisis Kemampuan Mengapresiasi Prosa Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas V MI-X

Skripsi Analisis Konteks Wacana Dalam Novel Dadaisme Karya Dewi Sartika

Skripsi Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Surat Pendengar Dalam Acara Curahan Hati Dan Lagu Di Radio Komunitas X

Skripsi Analisis Penokohan Dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy Berdasarkan Teori Kepribadian Sigmund Freud - Kajian Psikologi Sastra

Skripsi Analisis Penokohan Tokoh Utama Dan Tokoh Tambahan Dalam Novel Kampung Kehormatan Karya Najib Mahfouz Dengan Pendekatan Psikologi

Skripsi Analisis Referensi Dalam Novel Dimsum Terakhir Karya Clara Ng - Kajian Analisis Wacana

Skripsi Aspek Moral Tokoh Novel Burung-Burung Manyar Karya Y.B. Mangunwijaya

Skripsi Campur Kode Dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy

Skripsi Kemampuan Menciptakan Puisi Menggunakan Metode Tugas Siswa Kelas V MI-X

Skripsi Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN-X

 Skripsi Pelaksanaan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMPN-X


Skripsi Penggunaan Bahasa Slang Dalam Komunitas Waria Di Kota X

Skripsi Protes Sosial Pada Novel Bali Surga Para Anjing Karya Redi Panuju

Skripsi Warna Lokal Dalam Naskah Drama Sandhyakala Ning Majapahit Karya Sanusi Pane


Contoh Judul Skripsi Pendidikan Matematika dan IPA


Skripsi Efektivitas Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Kooperatif TAI (Teams Assisted Individualization) Dilengkapi Modul Ditinjau Dari Pencapaian Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas XI IPA Semester Genap SMA X

Skripsi Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran IPA Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD X

Skripsi Hubungan Antara Minat Dan Perhatian Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada SDN X

Korelasi Antara Nilai-Nilai Religius Dan Kreativitas Siswa Dengan Prestasi Belajar Biologi Pada Ranah Kognitif

Studi Komparasi Pendekatan Konstruktivisme Metode Inkuiri, Demonstrasi Dan Konvensional Ditinjau Dari Prestasi Belajar Biologi Siswa


Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Belajar Siswa Kelas VII


Skripsi Efektivitas Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Yang Didukung Diagram V (Ve) Dan TAI Didukung Peta Konsep Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Memperhatikan Keingintahuan Siswa Kelas X Semester Genap SMA X


Skripsi Hubungan Hasil Belajar Pada Materi Virus Dengan Sikap Terhadap Kesehatan Siswa Kelas 1 SMU Negeri X

 Skripsi Local Search Genetic Algorithm Dalam Menyelesaikan Job Shop Scheduling Problem

Skripsi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Student Team Achievement Division (STAD) Disertai LKS Untuk Penguatan Konsep Materi Pokok Ekosistem


Skripsi Pengamanan Pesan Rahasia Menggunakan Algoritma Kriptografi Elgamal Atas Grup Pergandaan Zp

Skripsi Pengaruh Agresitivitas Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 1 X

Skripsi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN X

Skripsi Pengaruh Metode Kooperatif (Student Team Achievement Divisions Dan Team Assisted Individualization) Yang Dimodifikasi Dengan Praktikum Dengan Memperhatikan EQ (Emotional Quotient) Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Penentuan δh Reaksi SMAN X

Skripsi Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Metode Scientific Inquiry Dan Demonstrasi Dengan Memperhatikan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri X

Skripsi Penyelesaian Persamaan Non-Linear Metode Biseksi Dan Metode Regula Falsi Menggunakan Cara Komputasi

Skripsi Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Verbal, Kemampuan Penalaran, Dan Kemampuan Awal Pada Sub Materi Pokok Teori Asam Basa Arrhenius Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Alam Semester Genap SMA X

Skripsi Tingkat Penguasaan Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Murid Kelas VI SDN X

Skripsi Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan PAIKEM Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Siswa Kelas X Semester II SMA X

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Disertai Key Relation-Chart Dan Modul Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Stoikiometri Pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMA Negeri X Tahun Pelajaran X

 Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa SMA Tahun Ajaran X

Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Pada Siswa Kelas II SMA Negeri X

Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ketrampilan Proses Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus SMA Tahun Ajaran X

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Metode Resitasi Pada Sub Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri X Tahun Pelajaran X

 Eksperimentasi Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) Pada Limit Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IA Semester 2 SMA X Tahun Pelajaran X


Contoh Judul Skripsi Pendidikan IPS
Skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Perusahaan (Suatu Kasus Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi PT. X)

Skripsi Analisis Pengaruh Iklan Pond’s White Beauty Melalui Media Cetak Dan Atribut Produk Terhadap Perilaku Konsumen (Study Pada Mahasiswa FKIP Pendidikan Ekonomi X)

Skripsi Efektivitas Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Lingkungan Hidup Di Kelas X SMA X

Skripsi Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Jurusan IPS SMAN X

Skripsi Hubungan Gaya Kepemimpinan, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Guru Geografi Dalam Mengajar Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Hubungan Sektor Informal Dengan Kesempatan Kerja Dan Kesempatan Menyekolahkan Anak (Studi Sektor Informal Di Pinggir Jalan X)

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Berkarbonasi Merk Fanta (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi)

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Peranan Panti Asuhan Dalam Pembinaan Pendidikan Remaja (Studi Di Panti Asuhan X)

 Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Peranan Usaha Kecil Penyulingan Minyak Nilam Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kecamatan X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Hubungan Antara Tingkat Motivasi Belajar Dan Intelegensi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan IS SMA Negeri I X Tahun Ajaran

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Aplikasi Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 5 SMU Negeri X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Dalam Mengajar Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA X Tahun Ajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Hubungan Antara Intensitas Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA X Tahun Ajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Peran Serta Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri X Tahun Pelajaran

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi Efektivitas Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dalam Pembelajaran Akuntansi Berbasis Kompetensi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri X Tahun Pelajaran

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Hubungan Antara Pendidikan Orang Tua Dan Konsep Diri Anak Dengan Sikap Sosial Anak Pada Siswa Kelas X SMA Negeri X

Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi Peranan Public Relations Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di PDAM X


Contoh Judul Skripsi Pendidikan Ekonomi


Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas perusahaan (suatu kasus pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi PT. X)


Contoh Judul Skripsi Pendidikan Olah raga


Contoh judul skripsi pendidikan .Skripsi hubungan antara kecepatan lari 50 meter dan kekuatan otot perut dengan prestasi smash normal bola voli bagi siswa putra kelas VI SDN X


Contoh Judul Skripsi Pendidikan PPKN

Contoh judul skripsi pendidikan . Skripsi kajian tentang partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah langsung dihubungkan dengan UU no. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah
·  PENGARUH MASA REMAJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII MA (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK SPERMATOPHYTA DI MA (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SISWA KELAS XI SMA NEGERI (isi sekolah disini)
·  PENGGUNAAN PLANTAE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI SISWA KELAS X MA (isi sekolah disini)
·  PENGGUNAAN SPESIMEN SEGAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP KELAS VII A SMPN (isi sekolah disini)
·  PENGGUNAAN MEDIA TORSO DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BERTANYA DAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII MTS (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VIII MTS (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STIDI BIOLOGI KELAS VII MTS (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN METODE PROBLEM POSSING DENGAN TEKNIK BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA KELAS X MA (isi sekolah disini)
·  HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMU NEGERI 1 (isi sekolah disini)
·  IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA KECAKAPAN HIDUP DALAM MENUNJANG KREATIVITAS BELAJAR SISWA DIKELAS XII IPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN (isi sekolah disini)
·  PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENCAPAIAN KKM MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMPN (isi sekolah disini)
·  EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTEKTUALBERBASIS PROYEK TERHADAP AKTIVITAS DAN PENCAPAIAN KKM SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII MTS (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA KELAS VIII SMP (isi sekolah disini)
·  MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII B MTS (isi sekolah disini)
·  PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNUTK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP (isi sekolah disini)
·  PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMAN (isi sekolah disini)
·  PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) KELAS XI SMA (isi sekolah disini)
·  UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI IPA SMA (isi sekolah disini)

  1.   HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS V PADA SD….
  2. TINGKAT MINAT DAN PERHATIAN BELAJAR SISWA, KHUSUSNYA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI PADA SDN
  3. KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MADRASAH ALIYAH
  4. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD
  5.  EFEKTIFITAS METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PENGAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS V  SD INPRES BUTTATIANANG 
  6. PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA BERPENGARUH ATAU EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR INPRES PAJJAI MAKASSAR KHUSUSNYA MATA PELAJARAN IPA
  7.  PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
  8. ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS II MTS. NW SALIK YANG DIBUAT OLEH KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) JANAPRIA LOMBOK TENGAH
  9. APAKAH DENGAN MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII  MTS NEGERI 2 MATARAM
  10.  EFEKTIFITAS PENCAPAIAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PADA MATA PELAJARAN SAINS-BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA KELAS VII SMPN 4
  11. EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA TORSO PADA PEMBELAJARAN ORGAN-ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS 6 SEKOLAH DASAR
  12.  PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA DAN KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 20082009.
  13. MENGIDENTIFIKASI TINGKAT KEANEKARAGAMAN JUMLAH SPESIES TUMBUHAN MANGROVE YANG ADA DI GILI TRAWANGAN DAN MENGEMBANGKAN HASIL PENELITIAN INI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIDANG STUDI TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI DALAM BENTUK LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA
  14.  KOMPARATIF PRESTASI BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 5 MATARAM BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN GURU PENGAJAR BIOLOGI
  15. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMPN
  16. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL KELOMPOK SINDIKAT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BERTANYA DAN KETUNTASAN BELAJAR
  17. PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MA NW AL -MAJMUK JURANG JALER TAHUN PELAJARAN 20082009.ZIP
  18.  PEMANFAATAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN TARAF SERAP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN
  19. PEMBERIAN PRAKTIKIUM DAPAT MENUNTASKAN BELAJAR POKOK BAHASAN SEL,JARINGAN DAN ORGAN PADA SISWA KELAS I SLTP NEGERI 
  20. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES MERENCANAKAN PERCOBAAN DAN KETUNTASAN BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI
  21.  PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING  UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA NW
  22. PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA
  23. PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS. FATHURRAHMAN JERINGO GUNUNG SARI
  24. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII DI SMPN
  25. PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES MERUMUSKAN MASALAH DAN KETERCAPAIAN KKM BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI
  26. PENERAPAN PENDEKATAN STM DAPAT MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMAN
  27. PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP DAYA SERAP BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS
  28. PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN MERENCANAKAN EKSPERIMEN DAN PENCAPAIAN KKM IPA BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DI SMPN
  29. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA…..
  30. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS I
  31. PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (BELAJAR PENEMUAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SDN
  32. PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN CAHAYA DI KELAS V SDN
  33. PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BERGAMBAR SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KERAGAMAN TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN ORGANISME BAGI SISWA KELAS VII DI MTSN
  34. PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN
  35. PENGGUNAAN CD DAN LKS DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DAN SISTEM EKSKRESI PADA HEWAN
  36. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN TUMBUHAN HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS V SDN 34 MATARAM
  37. PERANAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT PENCERNAAN KELAS V SDN
  38. PERBEDAAN PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS II MTS NEGERI 2 MATARAM
  39. PENGEMBANGAN      LKS  BERBASIS      KONTEKSTUAL     UNTUK      MENINGKATKAN  KEAKTIVAN DAN    HASIL BELAJAR SISWA             PADA   MATA      PELAJARAN   IPA    ( BIOLOGI)     KELAS                  VII MTS
  40. STUDI TENTANG PENGGUNAAN ALAT PERAGA FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP  SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN  FUNGSI ORGAN TUMBUHAN BAGI SISWA  KELAS IIE SMP
  41. PERANAN PENGGUNAAN MODEL TORSO DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II  SMP
  42. HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS….
  43. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD
  44.  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI LABUANG BAJI I MAKASSAR TERHADAP MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI
  45. PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PENGAJARAN IPA BERPENGARUH ATAU EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR INPRES
  46.  PENGARUH KOMPOS ECENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES SOLM) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN BAYAM CABUT (AMARANTHUS TRICOLOR ) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MA.  








Friday, February 15, 2013

Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)

Model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization)

Sebelumnya di blog tentang ptk dan model pembelajaran ini telah dibahas tentang jenis-jenis model pembelajaran kooperatif. Pada artikel itu saya berjanji akan mengulas beberapa jenis model pembelajaran kooperatif yang belum banyak diulas, salah satunya adalah tentang model pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Pengertian  Model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization)

TAI (Team Assisted Individualization) adalah salah satu jenis pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Frase Team Assisted Individualization dapat diterjemahkan sebagai “Bantuan Individual Dalam Kelompok (BIDaK)”. Model pembelajaran kooperatif TAI ini sering pula dimaknai sebagai Team Accelerated Instruction.

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) merupakan pembelajaran kooperatif yang pada pelaksanaannya siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen. Salah satu poin penting yang harus diperhatikan untuk membentuk kelompok yang heterogen di sini adalah kemampuan akademik siswa. Masing-masing kelompok dapat beranggotakan 4 - 5 orang siswa. Sesama anggota kelompok berbagi tanggung jawab.

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Pada model pembelajaran kooperatif ini, siswa biasanya belajar menggunakan LKS (lembar kerja siswa) secara berkelompok. Mereka kemudian berdiskusi untuk menemukan atau memahami konsep-konsep. Setiap anggota kelompok dapat mengerjakan satu persoalan (soal) sebagai bentuk tanggungjawab bersama. Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization lebih menekankan pada penghargaan kelompok, pertanggungjawaban individu dan memperoleh kesempatan yang sama untuk berbagi hasil bagi setiap anggota kelompok.

Alasan Slavin Mengembangkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Robert Slavin mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini di Johns Hopkins University bersama Nancy Madden dengan beberapa alasan, yaitu : (1) Model ini mengkombinasikan keunggulan kooperatif dan program pengajaran individual; (2) Model ini memberikan tekanan pada efek sosial dari belajar kooperatif; (3) TAI disusun untuk memecahkan masalah dalam program pengajaran, misalnya dalam hal kesulitan belajar siswa secara individual.
 
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini dikembangkan oleh Slavin untuk mata pelajaran matematika, khususnya untuk materi keterampilan-keterampilan berhitung (computation skills).

TAI adalah Kombinasi Pembelajaran kooperatif dengan Pembelajaran Individual

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) yang diprakarsai oleh Robert Slavin ini merupakan perpaduan antara pembelajaran kooperatif dan pengajaran individual. Metode ini memperhatikan perbedaan pengetahuan awal tiap siswa untuk mencapai prestasi belajar. Pembelajaran individual dipandang perlu diaplikasikan karena siswa memasuki kelas dengan pengetahuan, kemampuan, dan motivasi yang berbeda-beda. Saat guru mempresentasikan materi pembelajaran, tentunya ada sebagian siswa yang tidak memiliki pengetahuan prasyarat untuk mempelajari materi tersebut. Ini tentu dapat menyebabkan siswa-siswa yang tidak memiliki pengetahuan prasyarat itu akan gagal mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru. Bagi siswa-siswa lain, mungkin sudah menguasai materi pembelajaran itu, atau mungkin karena bakat yang dimilikinya dapat mempelajari dengan sangat cepat sehingga waktu yang digunakan oleh guru untuk mengajar menjadi mubazir.
 
Dengan perpaduan antara pembelajaran kooperatif dan invidual dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus, yaitu :

Keuntungan dari pembelajaran kooperatif dalam TAI

Pembelajaran kooperatif merupakan upaya pemberdayaan teman sejawat, meningkatkan interaksi antar siswa, serta hubungan yang saling menguntungkan antar mereka. Siswa dalam kelompok akan belajar mendengar ide atau gagasan orang lain, berdiskusi setuju atau tidak setuju, menawarkan, atau menerima kritikan yang membangun, dan siswa tidak merasa terbebani ketika ternyata pekerjaannya salah. Siswa bekerja dalam kelompok saling membantu untuk menguasai bahan ajar

Keuntungan dari pembelajaran individual dalam TAI

Pembelajaran individual mendidik siswa untuk belajar secara mandiri, tidak menerima pelajaran secara mentah dari guru. Melalui pembelajaran individual ini, siswa akan dapat mengeksplorasi pengetahuan dan pengalamannya sendiri untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga ia mengalami pembelajaran secara bermakna (meaningful learning) sesuai faham konstruktivisme.

Penyusunan Kelompok pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Kelompok heterogen digunakan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) karena beberapa alasan, yaitu :
  • Kelompok heterogen memberikan kesempatan untuk saling mengajar melalui tutor sebaya (peer tutoring) dan saling mendukung
  • Kelompok heterogen meningkatkan hubungan dan interaksi antar siswa walaupun berbeda ras, agama, etnik, dan gender
  • Kelompok heterogen memudahkan pengelolaan kelas karena pada setiap kelompok terdapat siswa yang memiliki kemampuan akademis bagus, dengan demikian secara tidak langsung guru mendapatkan asisten-asistem mengajar untuk siswa-siswa lain yang berada di dalam kelompok yang sama. Kunci model pembelajaran kooperatif yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization adalah penerapan bimbingan antar teman.

Keuntungan/Kelebihan Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization memberi keuntungan baik pada guru, siswa kelompok atas maupun kelompok bawah yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademik, yaitu:
  • Siswa yang pandai ikut bertanggung jawab membantu yang lemah dalam kelompoknya. Dengan demikian siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya.
  • Siswa yang lemah akan terbantu dalam memahami materi pelajaran.
  • Tidak ada persaingan antar siswa karena siswa saling bekerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam mengatasi cara berpikir yang berbeda
  • Siswa tidak hanya mengharap bantuan dari guru, tetapi siswa juga termotivasi untuk belajar cepat dan akurat pada seluruh materi
  • Guru setidaknya hanya menggunakan setengah dari waktu mengajarnya sehingga akan lebih mudah dalam pemberian bantuan secara individu.

Langkah-Langkah (Tahapan) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Model pembelajaran tipe TAI ini memiliki 8 tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu : (1) Placement Test; (2) Teams; (3) Teaching Group; (4) Student Creative; (5) Team Study;  (6) Fact Test;(7) Team Score dan Team Recognition; dan (8) Whole-Class Unit. Berikut penjelasannya satu per satu:

Placement Test

Pada langkah ini guru memberikan tes awal (pre-test) kepada siswa. Cara ini bisa digantikan dengan mencermati rata-rata nilai harian atau nilai pada bab sebelumnya yang diperoleh siswa sehingga guru dapat mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu.

Teams

merupakan langkah yang cukup penting dalam penerapan model pembelajaran kooperatif TAI. Pada tahap ini guru membentuk kelompok-kelompok yang bersifat heterogen yang terdiri dari 4 - 5 siswa.
Teaching Group
Guru memberikan materi secara singkat menjelang pemberian tugas kelompok.

Student Creative

Pada langkah ketiga, guru perlu menekankan dan menciptakan persepsi bahwa keberhasilan setiap siswa (individu) ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya.

Team Study

Pada tahapan team study siswa belajar bersama dengan mengerjakan tugas-tugas dari LKS yang diberikan dalam kelompoknya. Pada tahapan ini guru juga memberikan bantuan secara individual kepada siswa yang membutuhkan, dengan dibantu siswa-siswa yang memiliki kemampuan akademis bagus di dalam kelompok tersebut yang berperan sebagai peer tutoring (tutor sebaya).

Fact test

Guru memberikan tes-tes kecil berdasarkan fakta yang diperoleh siswa, misalnya dengan memberikan kuis, dsb..

Team Score dan Team Recognition

Selanjutnya guru memberikan skor pada hasil kerja kelompok dan memberikan “gelar” penghargaan terhadap kelompok yang berhasil secara cemerlang dan kelompok yang dipandang kurang berhasil dalam menyelesaikan tugas. Misalnya dengan menyebut mereka sebagai “kelompok OK”, kelompok LUAR BIASA”, dan sebagainya.

Whole-Class Units

Langkah terakhir, guru menyajikan kembali materi oleh guru kembali diakhir bab dengan strategi pemecahan masalah untuk seluruh siswa di kelasnya.

Referensi

  • Dimyati dan Mudjiono (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 
  • Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 
  • Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 
  • Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo 
  • Nasution, S. (2003). Berbagasi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara. 
  • Nur, Mohamad dan Prima Retno Wikandari (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 
  • Slavin, Robert (1995). Cooperative Learning. Massachusets: Allyn and Bacon.
  • Suyitno, Amin. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.
  • Widdiharto, Rachmadi. (2006). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika

0 komentar:

Posting Komentar