Minggu, 25 Mei 2014

Contoh silabus SMP memahami keanekaragaman makhluk hidup

Standard
Sintang, 25 Mei 2014
jam 20:40

Silabus PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan               :  SMP Negeri 2 Sintang
Kelas                                        : VII (Tujuh)
Semester                                 : 1 (satu)
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi         : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.3 Mendes-kripsikan  keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
-   Kedemokratisan
-   Kedisi-plinan  
-   Keman-dirian

Organisasi Kehidupan
·         Sel
·         Jaringan
·         Organ
·         Sistem organ
·         Organisme
·    Mengamati sel secara cermat, teliti, dan hati-hati  dengan menggunakan mikroskop.
·    Mendiskusikan organela sel

·    Membuat model sel.
·    Mengamati jaringan daun secara cermat dan teliti dengan menggunakan mikroskop.
·    Mendiskusikan macam jaringan dan organ pada tumbuhan dan hewan.
·    Mendiskusikan saling keterkaitan fungsi kerja organ tubuh atau sistem organ dengan organ atau sistem organ yang lain dalam tubuh organisme dalam kedemokratisan.
§ Mendefinisikan pengertian sel dengan bahasa sendiri.
§ Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.

§ Mendeskripsikan organel sel dan fungsinya.

§ Membuat model sel secara mandiri.
§ Menjelaskan pengertian jaringan, organ, sistem organ dan organisme.
§ Memberi contoh jaringan, organ, sistem organ, dan organisme pada tumbuhan dan hewan dalam kegiatan kelompok untuk mengembang sikap kedemokratisan.
§ Mengurutkan tingkatan organisasi kehidupan
§ Mendeskripsikan kerja organ dan sistem organ sebagai suatu organisasi yang utuh dalam kegiatan kelompok dengan menunjukkan sikap kedemokratisan dan tanggung jawab yang baik.
§ Menerapkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam setiap menyelesaikan tugas yang diberikan.
o Tes kinerja
o Tes tulis



o Tes tulis


o Penugasan

o Tes tulis
o Observasi

o Tes tulis
o Observasi




o Tes tulis

o Tes tulis
o Observasi





o Observasi

o  Uji petik kinerja
o  Soal PG
o  Soal isian

o  Soal isian


o  Penilaian proyek
o  Soal PG
o  Lembar observasi
o  Soal PG
o  Lembar observasi



o  Soal PG

o  Soal PG
o  Lembar observasi




o  Lembar observasi.

o  LP 6.3A Pilihan ganda dan soal isian
o  LP 6.3B : Menggunakan mikroskop.
o  LP 6.3C: Penilaian Proyek Membuat Model Sel
o  LP 6.3D: Lembar Observasi Penilaian Karakter kedemokratisan, kedisiplinan, dan kemandirian.

7 X 40’
·BSE Bab Organisasi kehidupan.
·Buku teks yang relevan *)
·Mikroskop
·Preparat irisan melintang daun (basah atau awetan)
*) Keterangan :
Tuliskan sumber belajar di atas tanda tangan guru dan kepala sekolah secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut:
1.     Buku teks: Penulis. Tahun. Judul Buku. Kota Penerbitan: Penerbit. Halaman.
2.     Artikel: Penulis. “Judul Artikel”. Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun.
3.     Berita: Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun. “Judul Berita”.
4.     Nara sumber: Nama Tokoh. Keterangan Tokoh.
5.     Peraturan: Undang-undang Nomor…Tahun…tentang….
6.     Internet: Alamat web. “Judul Tulisan”. Tanggal diunduh.
7.     Lingkungan: Nama dan lokasi
8.     dll

…………………, ……………………………….
                                                                Kepala Sekolah                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran
                                                               



                                                                ……………………………………………………                                                                                                                ……………………………………………………
                                                                NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.
LAMPIRAN : CONTOH INSTRUMEN
·         Soal pilihan ganda
·         Soal isian
·         Lembar observasi
·         Daftar penilaian kinerja
·         Penilaian proyek
·         Lembar observasi karakter
·         : lembar observasi: Mengamati
·         LP 6.1C:  Membuat Laporan
LP 6.1D: Penilaian Karakter Kejujuran, Bertanggung jawab, dan Keingintahuan
o  LP 6.2B-Menentukan kriteria pengelompokkan dan Mengklasifikasi--kan
LP 6.2C – Lembar Penilaian Karakter Kedisiplin,
o  LP 6.3B : Menggunakan mikroskop.
o  LP 6.3C: Penilaian Proyek Membuat Model Sel
o  LP 6.3D: Lembar Observasi Penilaian Karakter kedemokratisan, kedisiplinan, dan kemandirian.

0 komentar:

Posting Komentar